ANEKA OLAHAN TAHU


Tahu merupakan makanan yang dibuat dari kedelai yang difermentasikan dan diambil dari sarinya.berbeda dengan tempe yang berasal dari indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya tauco,bakpao, kecap dan bakso. aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.

Berikut adalah aneka olahan tahu :
TAHU ISI
Bahan :
5 tahu dan 1 butir telor,
5 batang boncis,2 wortel
1/4 mangkok su’un, daun bawah merah,minyak goreg/mentega.

Bumbu :
3 biji bawang merah,1 siung bawang putih, garam dan vitsin secukupnya

Cara memasaknya :
Tahu dipotong segi tiga. Boncis dan wortel diiris(diranjang) persegi kecil-kecil. Dengan sendok kecil dan hati-hati, tahu di lubangi ditengahnya, tinggalkan kulitnya setebal ½ cm.
Bawang merah dan bawang putih ditumis sampai harum,kemudian masukkan irisan boncis, wortel dan su’un yang sudah dicuci,tambahkan sedikit air, garam dan vitsin. Tunggulah sampai layu, kemudian angkat biarkan sampai dingin.
Kocoklah telur dan campurkan kerokan tahu tadi. Campurkan dengan sayur yang telah ditumis tadi dan isikan pada tahu yang sudah dilubangi tadi. Lalu,digoreng. Supaya tidak pecah bisa di beri campuran tepung kanji dibagian atasnya.

BAKSO TAHU
Bahan :
10 tahu,1 telur ayam, 2 sendok makan tepung terigu,
 minyak goreng, 3 batang dau seledri, dan air kaldu.

Bumbu :
2 siung bawah putih,
½ sendok teh merica, garam dan vitsin.

Cara Memasaknya :
Tahu di haluskan, telor dikocok, campurkan dengan tepung terigu, bumbu di gerus sampai halus, campurkan menjadi satu dengan bahan-bahannya.
Bentuklah bulat-bulat dan di goreng sampai berwarna kuning. Buatlah kuah dari air kaldu yang diberi bumbu merica, garam dan vitsin.
Masukkan gorengan bakso tadi dengan bubuhi bawang merah goreng dan daun seledri yang sudah diranjang.
BACEMAN TAHU

Bahan :
4 biji tahu, 2 mangkok air kelapa (air tawar), minyak goreng secukupnya.

Bumbu :
Asam, garam, gula(gula merah), laos, daun salam,
ketumbar, 3 biji bawang merah, dan 1 siung bawang putih.

Cara Memasaknya :
Ketumbar dan bawang putih dihaluskan.Bersama bumbu tersebut tahu direbus dengan air kelapa(air tawar) sudah dibubuhi garam, gula ,daun salam, lengkuas, vitsin dan dibiarkan sampai kering. Kemudian barulah digoreng dengan minyak
KARE TAHU

Bahan :
10 biji tahu, 2 buah wortel, 5 batang buncis,
 2 lembar daun kol, 3 buah kentang, ¼ mangkok su’un dan 1 liter santan.

Bumbu :
4 biji bawang merah, 2 siung bawang putih,
3 butir kemiri, 2 biji cabe merah, 1 potong jahe, laos, kunyit, sereh,1/2 sendok ketumbar,daun salam, 1 lembar daun jeruk purut, garam dan vitsin.

Cara Memasaknya :
Tahu dipotong empat persegi dan di goreng, sayur-sayuran di potong-potong lalu direbus. Su’un direndam bumbu dihaluskan dan ditumis sampai harum.
kemudian masukan tahu dan sayuran tambahkan garam.Masukan juga santan dan aduklah terus. Terakhir masukkan su’un dan jangan lupa vitsin. Masaklah hingga matang, baru diangkat.

Meta Discriptions :
kumpulan aneka olahan tahu, aneka olahan tahu kesehatan, contoh aneka olahan tahu, artikel aneka olahan tahu, makalah aneka olahan tahu, aneka olahan tahu enak.

2 Responses to "ANEKA OLAHAN TAHU"