PLASTIDA

PENGERTIAN DAN STRUKTUR PLASTIDA


plastida adalah organel (benda di dalam sel) sel tumbuhan yang bersifat hidup. Plastida umum terdapat pada sel-sel tumbuhan yang masih muda. Letaknya di dalam sitoplasma di luar inti sel (nukleus).Plastida adalah organel sitoplasma yang tersebar pada sel tumbuhan dan terlihat jelas di bawah mikroskop sederhana.  Plastida sangat bervariasi ukuran dan bentuknya, pada sel-sel tumbuhan berbunga biasanya berbentuk piringan kecil bikonveks. Plastida berperan dalam fotosintesis. Plastida adalah bagian dari sel yang  bisa ditemui pada alga dan tumbuhan(kingdom plantae). Dikenal tiga jenis plastida, yaitu:


1)  Leukoplas

Leukoplasyaitu plastida yang tidak berwarna, umumnya terdapat pada tempat yang tidak terkena sinar, misalnya organ penyimpan makanan cadangan seperti biji dan umbi.,  terdiri atas:

•  Amiloplas, berfungsi untuk menyimpan amilum.

•  Elaioplas (lipidoplas), berfungsi untuk menyimpan lemak/minyak.

•  Proteoplas, berfungsi untuk menyimpan protein.


2)  Kloroplas

Kloroplas yaitu plastida yang mengandung pigmen hijau disebut klorofil, karotenoid, dan pigmen fotosintetik lainnya. Kloroplas hanya dijumpai pada sel autotrof yang eukariotik. Kloroplas dimiliki oleh sel-sel yang berklorofil misalnya Algae, lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan bunga. Kloroplas mempunyai bentuk beraneka ragam, tetapi pada umumnya berbentuk bulat atau lonjong (oval). Kloroplas pada sel tumbuhan tingkat tinggi mempunyai ukuran sekitar 4–6 Pm. Setiap sel mengandung 20–40 kloroplas permilimeter persegi. Apabila jumlahnya masih kurang mencukupi, kloroplas dapat membelah diri. Namun, jika jumlahnya berlebihan maka sejumlah kloroplas akan rusak. Kloroplas tersusun atas membran, yaitu membrane luar dan dalam. Membran luar mempunyai permukaan rata yang berfungsi mengatur keluar masuknya zat. Membran dalam membungkus cairan kloroplas yang disebut stroma. Membran dalam kloroplas melipat ke arah dalam dan membentuk lembaran-lembaran yang disebut tilakoid. Pada tempat-tempat tertentu, tilakoid bertumpuk-tumpuk membentuk badan seperti tumpukan uang logam yang disebut grana. Pada umumnya sebuah kloroplas mengandung 40–60 grana. Di dalam tilakoid terdapat kumpulan partikel yang disebut kuantosom. Di kuantosom inilah terdapat klorofil yang berfungsi dalam proses fotosintesis.


3)  Kromoplas

Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen nonfotosintetik (merah dan oranye atau kuning). Kromoplas banyak terdapat pada mahkota bunga. Pigmen yang terkandung dalam kromoplas sebagai berikut.

a) Karoten mengakibatkan warna kuning, misalnya pada wortel.

b) Xantofil mengakibatkan warna kuning kecokelatan, misalnya pada daun tua.

c) Fikosianin mengakibatkan warna biru, misalnya pada ganggang biru.


FUNGSI PLASTIDA

·         Mensintesis lemak dan protein

·         Menghasilkan warna sel tumbuhan

0 Response to "PLASTIDA"

Post a Comment