BADAN GOLGI


SEJARAH PENEMUAN DAN PENGERTIAN BADAN GOLGI

Badan Golgi  adalah organel yang dihubungkan dengan fungsi ekskresi sel. Camilo golgi (1891) menemukan struktur seperti jala pada sitoplasma sel saraf kucing,C golgi mewarnai sel saraf kucing dengan osnium tetra oksida dan garam perak sebelum ditemukan reticulum endoplasma. Ia menamakannya “the internal reticular apparatus”. Dengan zat tersebut , golgi dapat menemukan jala tersebut, terletak sekitar inti dan berwarna kuning gelap. Belakangan beberapa ahli sitologi yang mempergunakan pewarnaan lain dapat melihat organel yang sama, bukan saja pada sel saraf, tetapi juga pada sel jaringan lain.Perrincito (1910) mengemukakan, organel itu terdiri dari sekelompok diktiosom (jalinan). Selama 50 tahun alat golgi masih diperdebatkan. para peneliti melihat , pada sel kelenjar alat golgi dapat berubah sesuai dengan aktivitas organnya. Ada juga ahli sitologi berpendapat, bahwa alat golgi berkaitan dengan sintesa protein. Mollenhauer dkk(1967) menemukan lebih terinci dan definitive ultra struktur organel ini.


STRUKTUR BADAN GOLGI

                Struktur badan Golgi berupa berkas kantung berbentuk cakram yang bercabang menjadi serangkaian pembuluh yang sangat kecil di ujungnya. Karena hubungannya dengan fungsi pengeluaran sel amat erat, pembuluh mengumpulkan dan membungkus karbohidrat serta zat-zat lain untuk diangkut ke permukaan sel. Pembuluh itu juga menyumbang bahan bagi pembentukan dinding sel. Badan golgi dibangun oleh membran yang berbentuk tubulus dan juga vesikula. Dari tubulus dilepaskan kantung-kantung kecil yang berisi bahan-bahan yang diperlukan seperti enzim–enzim pembentuk dinding sel. Badan golgi terdiri dari kantung membran yang pipih (sisterne) yang  tampak sebagai tumpukan pita. Kedua permukaan tumpukan membran pipih  (sisterne) disebut sebagai muka cis dan muka trans. Muka cis berfungsi sebagai penerima vesikula transpor dari RE, sedangkan  muka trans berfungsi mengirim vesikula transpor. Vesikula transpor adalah  bentuk transfer dari protein yang disintesis RE. Apabila protein ini tidak dikeluarkan oleh badan golgi, maka akan disimpan di dalam sel sebagai  lisosom.Badan golgi berhubungan dengan fungsi menyortir dan mengirim  produk sel. Badan golgi berperan penting dalam sel-sel yang secara aktif terlibat dalam sekresi. Organel ini banyak dijumpai pada organ tubuh yang  melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal.


Fungsi badan golgi

a)      Biosintesis glikoprotein dan glikolipida

b)       Pembentukan dinding sel

c)      Membentuk membran plasma

d)     membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur

e)      Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. Terjadi terutama pada sel-sel kelenjar kantung kecil tersebut, berisi enzim dan bahan-bahan lain.

f)       Membentuk membran plasma. Kantung yang dilepaskan dapat menjadi bagian dari membran plasma.

g)      Membentuk dinding sel tumbuhan.

h)      dapat membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur dan pembentukan lisosom.

i)        Tempat untuk memodifikasi protein.

j)        Untuk menyortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel.

k)      Untuk membentuk lisosom.

l)         Tempat sintesis polisakarida seperti mukus, selulosa, hemiselulosa, dan pektin (penyusun dinding sel tumbuhan).

0 Response to "BADAN GOLGI"

Post a Comment