ANEKA OLAHAN BERAS

Beras merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Beras umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan, bagian terbesar beras didominasi oleh pati,selain karbohidrat beras juga  mengandung protein,vitamin,mineral dan air. Masyarakat diindonesia banyak yang membuat beraneka ragam masakan dan jajanan dari beras. Berikut adalah resep aneka olahan dari beras :


NAGASARI
Bahan :
500 gram tepung beras
100 gram tepung kanji
1 sendok makan gula pasir
1 buah kelapa untuk santan
Pisang kapok/pisang raja secukupnya
Daun pisang untuk bungkusnya

Cara membuatnya :
Pisang dipotong jadi 3-4 bagian. Campurkan tepung beras dan tepung kanji dengan santan yang sudah dimasak, masukkan gula dan garam, aduk-aduk sampai rata dan kalis. Siapkan daun pisang, taruh adonan dan diisi dengan potongan pisang. Kemudian digulung dan dilipat, setelah itu dikukus sampai matang, angkat dan siap dihidangkan

KUE MANGKOK
Bahan :
300 gram tepung beras
150 gram tepung terigu
200 gram tape singkong
400 gram gula pasir
200 cc air hangat
2 sendok the soda kue
250 cc soda
1 sendok the vanili
½ sendok the pewarna makanan
¼ butir Kelapa parut
Air dan garam secukupnya

Cara membuatnya :
Basahi tepung beras dengan air secukupnya, masukkan tepung terigu kedalam tepung beras, kemudian tambahkan campuran tape singkong dan gula pasir, aduk bubuhkan air hangat dan uleni selama 10 menit, sesudah itu campurkan soda kue, air soda dan vanili. Terakhir, masukkan pewarna makanan yang telah diberi air sedikit, dan aduk sampai rata. Sediakan cetakan kue mangkok dan hangatkan dulu selama 5 menit, kemudian isilah dengan adonan kue sampai 4/5 penuh. Kukuslah dalam dandang yang airnya sudah dididihkan terlebih dahulu. Lama mengkukus adalah 20 menit. Hidangkan dengan kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam.

1 Response to "ANEKA OLAHAN BERAS"