ANEKA OLAHAN KETAN

Ketan adalah beras yang apabila ditanak lekat-lekat. Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, ada juga yang berwarna hitam yang merupakan campuran versi ketan dari beras hitam,tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin. amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket.

Berikut adalah olahan makanan dari beras ketan :
Tape Ketan
Bahan :
-beras ketan    : 1kg
-ragi tape        : 1 biji
-daun suji        : 10 lembar
-daun pandan  : 2 lembar

Cara Membuat :
Daun suji dan pandan ditumbuk,diperas, ambil airnya. Kemudian beras ketan direndam dengan air perasan daun suji dan daun pandan selama 2 jam. Setelah itu angkat dan tiriskan. Setelah ditiriskan, beras ketan dikukus sampai matang. Sesudah matang, angkat dan angin-anginkan sampai dingin. Setelah dingin, campur dengan ragi yang sudah ditumbuk halus sedikit demi sedikit sambil di aduk rata, kemudian bungkus dengan daun pisang /masukkan dalam wadah dan tutup rapat. Biarkan sampai menjadi tape selama 2 hari. Setelah jadi tape siap dihidangkan.

Wajik

 Bahan :
-beras ketan               : 2 kg
-kelapa                        : 2 buah kelapa
-garam                        : 1 sendok teh
-gula aren                   : secukupnya
-garam                        : secukupnya

Cara membuat :
Beras ketan dicuci bersih lalu direndam selama 1 malam. Kemudian ditiriskan. Setelah itu beras ketan dikukus sampai matang. Sisihkan. Parut 2 butir kelapa, ambil santannya. Campurkan santan, gula aren, dan garam. masak sambil diaduk sampai agak kental dan berminyak. Lalu masukkan ketan yang sudah matang tadi, aduk-aduk sampai kental sekali/kalis. Setelah kalis, tuang kedalam loyang yang sudah di alasi dengan keras roti. Ratakan dengan ditekan-tekan. Dinginkan dan potong-potong sesuai selera.


Dodol

Bahan :
-tepung ketan              : ½ kg
-gula merah                : 1 kg
-gula pasir                   : 1 ons
-santan cair                 : 1 mangkok
-santan kental             : 1-3 butir kelapa

Cara membuat :
Iris gula merah tipis-tipis. Campurkan tepung ketan dan irisan gula merah halus dicairkan dengan santan cair dan direbus sampai kental, kemudian tuangkan santan kentalnya. Demikian terus dimasak sampai kental sekali. Sesudah masak dituang di atas tampah yang dialasi kertas minyak. Dinginkan dulu, kemudian digulung-gulung, dibuat panjang. Setelah itu dibungkus lagi dengan kertas minyak/plastik. Setelah jadi, dodol siap dinikmati.

Jadah

Bahan :
-beras ketan                : 1 kg
-kelapa                        : 1 butir
-garam                        : secukupnya

Cara membuat :
Beras ketan direndam selama semalam atau kira-kira 4 jam. Kupas kelapa sampai putih, kemudian parut. Setelah direndam tiriskan beras ketan, kemudian dikukus hingga setengah matang. Angkat beras ketan yang sudah setengah matang tuangkan diatas baskom/nyiru. Campurkan garam dan kelapa parut, aduk rata. Kemudian dikukus lagi sampai benar-benar matang/ ½ jam. Angkat ketan yang telah masak masukkan dalam tempat yang telah dilapisi dengan daun pisang/plastik, kemudian tumbuk sampai halus. Tekan-tekan jadah dalam wadahnya hingga padat. Lalu tuangkan di atas loyang, iris-iris hidangkan bersama tempe bacem/srundeng.

3 Responses to "ANEKA OLAHAN KETAN"