ANEKA OLAHAN UDANG

Posted by Herma Putra Jumat, 20 Juli 2012 2 komentar



Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Dalam bahasa Banjar disebut hundang.



Berikut adalah olahan makanan dari udang :


UDANG GORENG


Bahan :

Udang besar    : ½ kg

Telur ayam       : 1-2 butir

Tepung terigu   : 5 sendok makan


Bumbu :

Merica/lada halus dan garam secukupnya.


Cara membuat :

Udang dikupas, dibelah punggungnya agar menjadi lebar. Bubuhi lada dan garam lalu diremas-remas. Biarkan kira-kira setengah jam agar bumbu meresap. Buatlah adonan dari telur dikocok dan terigu, tambahkan kira-kira 2 sendok makan air garam. Terakhir celupkan udang dalam adonan kemudian goreng sampai matang/berwarna kecoklatan.


SAMBAL UDANG


Bahan :

Telor ayam       : 5 butir

Udang basah    : ½ kg

Kelapa             : 1 buah


Bumbu :

Bawang merah           : 5 biji

Cabe merah               : 5 biji

Kemiri                       : 3 butir

Lengkuas                   : 1 potong

Ketumbar                  : 5 butir

Sereh                         : 1 potong

Daun jeruk purut        : 1 helai

Daun salam                 : 1 helai


Cara membuat :

2 butir telor dikocok. Kelapa diparut, bumbu yang sudah ditumbuk dicampur dengan 2 butir kuning telor yang sudah dikocok. Masukkan udang yang telah dicincang dan digarami. Masukkan cabe yang sudah diiris, daun salam, masukkan 3 butir telor yang sudah direbus dan di potong-potong. Lalu dibungkus dengan daun masaklah sampai matang, baru dihidangkan.


KERUPUK UDANG


Bahan :

Udang              : 1 kg

Garam              : 1 ons

Tepung terigu    : 1 kg

Telor ayam       : 2 butir

Gula putih         : 2 ons

Air tawar          : 2 mangkok


Cara membuat :

Udang dikupas, dibuang kulit dan kepalanya. Gula, garam, telor dan air dikocok jadi satu. Udang ditumbuk halus diberi terigu dan dicampurkan dengan adonan tadi, diaduk-aduk sampai rata, adonan ini bila kental lalu dapat dibentuk. Dibentuk seperti lontong. Sebelum dibentuk diberi pewarna makanan merah muda. Dandang atau lengser diberi air lalu direbus, bila sudah mendidih, adonan yang sudah dibentuk di masukkan sebelumnya sarangan dialas dengan daun pisang agar tidak melekat pada sarangan . Bila sudah masak, adonan diangkat dari dandang lalu didinginkan ditaruh dalam tampah selama 1 malam. Kemudian adonan tadi diris-iris dengan pisau yang diolesi minyak,agar adonan tidak melekat saat diris. Lalu dijemur diatas tampah yang dialasi merang selama 3-4 hari sampai kering. Bila sudah kering bisa langsung digoreng kemudian dihidangkan.


OSENG-OSENG UDANG


Bahan :

Udang basah    : 1 ons

Pete                 : 2 lonjor

Tomat              : 1 ons

Cabe merah     : ½ ons

Cabe hijau       : ¼ ons


Bumbu :

Bawang merah            : 7 biji

Bawang putih              : 3 siung

Daun salam,laos, gula merah,garam dan kecap.


Cara membuat :

Udang dicuci sampai bersih, pete diranjang dan tomat dipotong-potong. Bawang merah dan bawang putih dirajang, digongso dengan minyak,daun salam, laos, gula merah, garam tomat, pete kemudian udang basah dimasukkan, masaklah setengah matang, baru tuangi kecap lalu masak sambil diaduk-aduk.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: ANEKA OLAHAN UDANG
Ditulis oleh Herma Putra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://herma-putra.blogspot.com/2012/07/aneka-olahan-udang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

mantaaap gan..

Herma Putra mengatakan...

Oke gan. .

Poskan Komentar

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Herma Putra Blog.