CONTOH TEKS DRAMA


Drama merupakan bentuk karya sastra yang berusaha mengungkapkan perihal kehidupan manusia melalui gerak dan percakapan diatas panggung. Adapun contoh dari teks drama sebagai berikut :

CINTA 2 KAKAK BERADIK

          Di SMPN Garuda ada sepasang kakak beradik dikelas IX-G yaitu Alex dan Nita. Alex mempunyai pacar bernama Dini, sedangkan Dini itu musuh dari Nita. Kedua orang itu jika bertemu seperti anjing dan kucing. Untuk lebih jelasnya kita lihat drama berikut ini :
(Di Kelas IX-G)
Alex : Nit,aku mau apel ke kelasnya Dini. Nanti ijinin ya ?
Nita  : Haa, kakak kok mau sih pacaran sama nenek lampir itu ?
Alex : Yaa, namanya juga cinta !
Nita : Terserah kakak sajalah
Alex : Looh, kamu kok ngambek sih ?
Nita : Masalah buat loe ?
Alex : kamu kan adik aku,jadi masalahmu juga masalahku !
Nita : Udah nggak usah kebanyakan bicara, kakak pergi aja !
Alex : yasudahlah, aku pergi dulu !
( Alex pun berangkat ke kelas IX-i untuk apel)
Alex : Din, kamu kok ngambek sih sama aku ?
Dini : Apa sih susahnya ngomong, sms gak pernah, telepon gak pernah !
Alex : .........HPKU RUSAK.......
Dini : Oh ! gitu ya . Maaf ya aku kira kamu selingkuh.
Alex : Masa sih aku selingkuh. Kamu kan satu-satunya dihatiku,eh ngomong-
           Ngomong kamu nanti ada acara nggak ?
Dini : nggak,emangnya ada apa ?
Alex : Nanti kamu mau nggak kerumahku untuk belajar bareng ?
Dini : Okelah.... Jam berapa ?
Alex : jam 2. Nanti aku jemput kamu !
( Di Kelas IX-G Andre mengunjungi Nita )
Andre : Nit, kamu mau nggak bantu aku ?
Nita : Bantu apa, Ndre ?
Andre : Aku ada tugas Bahasa Indonesia. Tolong bantu aku ya !
Nita : Baiklah,nanti jam 2 mainlah kerunahku !
(Sekitar jam 2 dirumah alex dan Nita )
Alex : Lho kamu kok sudah siap belajar,nit ?
Niat : Lha,kan kakak sendiri juga
Alex : Gue mau ngajak Dini belajar bareng.
Nita : Kalo gue mau bantuin Andre. Ngomong-ngomong ngapain kakak
           ajak nenek lampir itu kemari ?
Alex : ya, untuk belajar bareng. Ya sudah aku jemput Dini dulu, Nit !
(Sementara, Andre dan Nita sedang mengerjakan tugas, Alex dan Dini datang )
Dini : Lho kok kakak disini ?
Andre : Ya Din, aku ngerjain tugas bareng Nita !
Nita : Oow, jadi nenek lampir itu adikmu,Ndre ?
Andre : Ya Nit, Dini itu adalah adikku !
Dini : Oow, jadi ini Nita yang kakak ceritain, aku kira bukan, ternyata nenek    
          sihir ini pacar kakak !
Nita : masalah buat loe ? (dengan nada mengejek)
Dini : Masalah ! Loe itu yang masalah !
Nita : Apa loe ! ngajakin berantem !
Dini : Ayo, siapa takut !
(Sementara Dini dan Nita bertengkar, Andre dan Alex pun mencoba melerai Ibu Nita Datang )
Ibu Nita : Stop ! Ada apa sih ini kok ramai sekali.
Nita : Gini bu, nenek lampir ini berani-beraninya nantang aku !
Dini : Nggak kok tan, padahal maksud aku kan baik.
Nita : Halah, alasan saja !
Ibu Nita : Sudah Nit ! Apaan sih kamu itu ! Cepat kamu minta maaf  ke Dini !
Nita : Tapi bu . . . . . .
Bu Nita : Gak ada tapi-tapian !
Nita : Iya bu.
          Dini, aku minta maaf  ya tentang kejadian ini (sambil menoleh ke arah
          Dini).
Dini : Iya Nit,sama-sama. Aku juga minta maaf  ya
Ibu Nita : Nah, gitu dong, kalau begini kan baik.Sebenarnya kenapa kok kalian
             bermusuhan begini ?
Nita : Dulunya sih aku sama Dini itu teman baik bu, tapi setelah aku putus sama
          pacarku yang dulu, besoknya aku bertemu Dini sama mantanku lagi jalan      
          bareng , akupun salah paham dan aku musuhan sama Dini, padahal Dini
          sudah minta maaf sama aku,bu !
Ibu Nita : Hmmm. . . Jadi begitu ceritanya (sambil menganggukkan kepala).
               Seharusnya kalian itu bisa lebih dewasa menyikapi hal sepele seperti
               Ini,jangan seperti anak kecil dikit-dikit bertengkar. Dan ingat kalian ini
               Sudah kelas IX jangan pacaran saja bisanya. Belajarlah yang rajin.
Dini : Ya sudahlah,  berhubung kakakku pacarnya Nita... Kita sudahin saja ya
          hubungan kita sampai disini, dan kita pun belum cukup umur dalam hal
          ini. Maafin aku ya,Alex. Kita putus saja !
Alex : Gak apa-apa kita putus, yang penting kita tetap berteman        
          Seperti dulu.
(akhirnya Alex dan Dini pun putus, karena lebih mementingkan pelajaran dari pada hubungan mereka )

Semoga drama diatas bermanfaat bagi semuanya . . . .

Meta Descriptions :
contoh teks drama 4 orang, contoh drama persahabatan, teks drama sekolah, contoh teks drama singkat, contoh teks drama pendek

0 Response to "CONTOH TEKS DRAMA"

Post a Comment