VAKUOLA


PENGERTIAN VAKUOLA


Vakuola merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan (cell sap dalam bahasa Inggris). Vakuola ditemukan pada semua sel tumbuhan namun tidak dijumpai pada sel hewan dan bakteri, kecuali pada hewan uniseluler tingkat rendah. Vakuola adalah suatu organel dalam sel berbentuk ruangan (rongga 3 dimensi) yang dibatasi oleh satu lapis membran. Vakuola adalah organel sitoplasma yang berisi cairan, dibatasi oleh membran yang identik dengan membran plasma. Vakuola sering terbentuk karena pelipatan membran sel ke arah dalam. Bahan atau buangan dapat ditemukan di dalam vakuola.


STRUKTUR VAKUOLA


Struktur vakuola pada sel hewan dan tumbuhan sangatlah berbeda, vakuola pada sel hewan biasanya kecil dan kurang berperan. Berbeda jika dibandingkan dengan vakuola pada sel tumbuhan, vakuola lebih memiliki banyak kegunaan atau fungsi pada sel tumbuhan. Pada sel tumbuhan, vakuola adalah kantung bermembran dalam sitoplasma sel dengan bebagai fungsi. Pada sel dewasa tumbuhan, vakuola cenderung lebih besar, dengan fungsi penyimpanan, buangan metabolisme, perlindungan, dan pertumbuhan. Banyak sel sel tumbuhan mempunyai vakuola besar dan tunggal disebut vakuola sentral yang menempati ruang sel sekitar 80% atau lebih. Sedangkan vakuola dalam sel hewan, cenderung lebih kecil, dan lebih digunakan secara temporer digunakan untuk menyimpan bahan-bahan atau untuk mengangkut bahan. Sel tumbuhan muda memiliki banyak vakuola kecil-kecil. Semakin dewasa jumlah vakuola berkurang, tetapi ukuran membesar. Sel-sel tumbuhan yang memiliki vakuola besar biasanya adalah sel-sel parenkim dan kolenkim. Vakuola tersebut dibatasi oleh membran yang disebut tonoplas. Sel dewasa hanya memiliki satu vakuola tengah berukuran besar dikelilingi membran tonoplas yang bersifat diferensial permeabel. Vakuola tengah terbentuk sebagai akibat pertumbuhan dinding sel yang lebih cepat daripada pertumbuhan sitoplasma. Vakuola tengah ini berisi cairan (getah sel) yang berupa larutan pekat, kaya mineral, gula, O2, asam organik, CO3, pigmen, enzim, dan sisa-sisa metabolisme. Vakuola berisi antara lain : asam organik, asam amino, glukosa, garam-garam mineral, dan alakoid.


FUNGSI VAKUOLA


Fungsi vakuola pada sel tumbuhan, diantaranya :

        a. sebagai tempat penyimpanan bahan makanan.

        b. sebagai tempat penimbunan ampas metabolisme

        c. sebagai tempat penyimpanan zat warna atau pigmen

        d. sebagai tempat penyimpanan air

        e. bertindak sebagai lisosom waktu sel masih hidup

Fungsi vakuola pada hewan tidak begitu nyata hanya berperan kecil yaitu digunakan secara temporer dalam menyimpan bahan – bahan dan mengangkut bahan – bahan yang dibutuhkan oleh sel.

0 Response to "VAKUOLA"

Post a Comment