TANYA JAWAB PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA

Posted by Herma Putra Rabu, 22 Mei 2013 0 komentar


 Uraikan langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka menghargai persamaan kedudukan bagi setiap warga negara ?

Jawab : Dalam rangka menghargai persamaan kedudukan bagi setiap warga negara perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Regulasi yang dilakukan oleh lembaga legislatif maupun eksekutif
2. Sosialisasi atas peraturan dan kebijaksanaan yang telah dibuat agar masyarakat mengetahui dan merasa dilibatkan dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan benegara, hingga rakyatpun turut berpartisipasi.
3. Implementsi suatu kebijakan atau aturan yang profesional dan sesuai dengan apa yang talah ditetapkan
4. Adanya pembelajaran bagi mansyarakat atas pentingnya kesadaran hukum dan tertib hukum maupun segala peraturan birokrasi yang berlaku.
5. Penanaman nilai-nilai dan keteladanan melalui pembelahjaran yang berkelanjutan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.
6. Adanya kesiapan dan langkah-langkah antisipasi terhadap potensi-potensi konflik yang disebabkan oleh adanya perbedaan ras, golongan, agama, budaya, dan suku bangsa.


 Uraikan makna-makna sila-sila pancasila sebagai jaminan persamaan hidup dalam konstitusi negara?

Jawab :

1.      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, pada sila pertama ini memberikan adanya jaminan persamaan hidup dalam beragama, bahwasanya setiap warga negara memiliki hak untuk beragama dan menjalankan keyakinannya tersebut, serta adanya toleransi antarumat beragama

2.      Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, merupakan suatu ekspresi bangsa Indonesia dalam menilai kedudukan manusia sebagai makhluk yang beradab dan bermatabat sehingga dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia harus berdasarkan pada nilai-nilai moralitas yang adil dan beradab.

3.      Sila Persatuan Indonesia, dengan berpedoman pada semangat persatuan dan kesatuan Indonesia maka bangsa Indonesia akan mampu meletakkan kepentingan dan keselamatan bangsa di atas kepentingan diri sendiri dan golongan.

4.      Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, bahwa cita-cita luhur bangsa Indonesia adalah menciptakan kehidupan demokrasi dengan memberikan jaminan persamaan hidup bagi setiap warga negara yang diwujudkan melalui kesepakatan bersama akan persamaan politik, hukum, dan sosial budaya.

5.      Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, bahwa interaksi antarmanusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bertujuan untuk mencapai masyarakat adil dan makmur baik material maupun spiritual. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut maka hal mendasar yang perlu disadari oleh semua manusia adalah agar setiap manusia mampu menciptakan kondisi di mana semua golongan dapat memperoleh kesempatan yang sama dan berkeadilan menuju penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TANYA JAWAB PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA
Ditulis oleh Herma Putra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://herma-putra.blogspot.com/2013/05/tanya-jawab-persamaan-kedudukan-warga.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Herma Putra Blog.