CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

 Belajar merupakan hal yang harus dilakukan oleh pelajar, agar memperoleh pengetahuan, wawasan baru, materi baru dan masih banyak lagi, siswa sekarang memang membutuhkan sesuatu yang dapat dijadikan pegangan agar belajar menjadi efektif dan mudah. Cerdas dan jenius memang tidak instan tetapi membutuhkan proses yang cukup lama, dalam proses tersebut harus dibarengi dengan ketelitian, kesabaran, displin dll agar memperoleh hasil yang di inginkan. Cara belajar  agar menjadi efektif :

      1.       BERDOA
Berdoa adalah hal yang harus dilakukan pertama kali sebelum belajar agar ilmu yang dipelajari  diridhoi Allah SWT. Berdoa yaitu pada awal belajar dan akhir belajar.

      2.       MENGATUR WAKTU
Belajar memang gampang jika kita mampu mengatur waktunya, waktu yang paling utama untuk belajar adalah jam 02.00-04.00,karena pada waktu tersebut suasana tenang, hening dan badan tetap segar karena setelah bangun tidur, dan jangan lupa disela-sela waktu tersebut digunakan untuk ibadah,  yang kedua setelah mandi dan shalat ashar sekitar jam 04.00-05.00, dan terakhir adalah jam 07.00-08.00.   

      3.       KEADAAN TUBUH
Dalam belajar tubuh harus tetap fresh dan segar minimal sebelum belajar harus berwudhu terlebih dahulu, agar dalam proses belajar rasa kantuk, lelah, letih bisa hilang.

      4.       SUASANA PIKIRAN,HATI DAN LINGKUNGAN NYAMAN
Belajar memang membutuhkan ketenangan,bebas dari suara berisik yang membuat belajar menjadi tidak serius, bebas dari gangguan TV,HP,INTERNET(FB,TWITTER), pikiran harus tenang dan nyaman menikmati belajar tersebut.

       5.       MEMBACA DAN MENULIS
Membaca merupakan jendela dunia, orang yang tidak membaca tidak dapat melihat tentang berbagai peristiwa didunia ini, membaca disini harus memahami tentang isi dan materi dengan teliti, sabar, dan berulang-ulang, meskipun kita sudah menghabiskan membaca satu buku penuh kita harus membaca buku tersebut kembali sampai mengerti tentang isi dan materi buku tersebut tetapi harus mengenal waktu. Selain membaca dari buku pelajran cari juga bacaan dari literatur lain misalnya internet(bisa pakai HP dan Laptop) jangan lupa untuk mancari dan mengisi soal-soal dari buku pelajaran tersebut setelah kita membacanya.

       6.       KEMAUAN YANG KERAS
Untuk mewujudkan semua itu harus dibarengi dengan kemauan yang keras agar bisa melakukan itu semua.

0 Response to "CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN"

Post a Comment