KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR

Kabupaten Trenggalek terletak di Pulau Jawa. Kabupaten Trenggalek masuk wilayah Propinsi Jawa Timur. Kabupaten Trenggalek dibatasi oleh tiga kabupaten dan sebuah samudera : Sebelah utara berbatasan dengan kabupaten trenggalek, Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung, Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pacitan. Luas wilayah Kabupaten Trenggalek  1261,40 Km2. Kabupaten Trenggalek terdiri dari 14 kecamatan, yaitu :

1. Kecamatan Trenggalek                                                             8. Kecamatan Suruh

2. Kecamatan Bendungan                                                             9. Kecamatan Gandusari             

3. Kecamatan Tugu                                                                      10.Kecamatan Panggul

4. Kecamatan Pogalan                                                                  11. Kecamatan Dongko

5. Kecamatan Durenan                                                                 12. Kecamatan Kampak

6. Kecamatan Pule                                                                        13. Kecamatan Munjungan

7. Kecamatan Karangan                                                                14. Kecamatan  Watulimo

                Untuk membangun daerahnya Kabupaten Trenggalek mempunyai motto ”berteman hati” artinya : bersih, tertib, beriman, sehat dan indah. Pada tanggal 31 agustus di peringati hari jadi Kab. Trenggalek dengan logo “Jualita Praja Karana” yang artinya Trenggalek cemerlang karena rakyat.

Wilayah kabupaten Trenggalek menjadi daratan dan lautan. Wilayah kabupaten Trenggalek terdiri dari 95% Pegunungan, 3% Lautan dan 2% Daratan rendah. Hutan di Kabupaten Trenggalek tergolong hutan tropis. Di kabupaten Trenggalek banyak terdapat gunung. Salah satunya ialah Gunung Sengunglung dengan ketinggian 1225 m. Didaerah pegunungan itu banyak ditanami cengkeh, durian, manggis, pisang, kelapa, kayu jati, dll. Kabupaten Trenggalek banyak terdapat sungai atau kali. Misalnya Kali Kesen, Kali Wais, Kali Panggul, Kali Tanjung dan Kali Bagong.

Sebagian besar penduduk Kabupaten Trenggalek bekerja sebagai petani. Mereka bekerja di sawah atau kebun.  Penduduk Pantai banyak yang bekerja menjadi nelayan misalnya penduduk pantai Prigi kec. Watulimo banyak menangkap ikan layur dan ubur-ubur untuk di export. Desa Wonoanti Kec. Gandusari terkenal dengan kerajinan anyaman bambu yang telah dikirim ke Jepang dan AS. Desa Slawe, Gemaharjo dan Dukuh  terkenal akan hasil buah manggis dan salaknya. Desa sawahan, Dukuh dan Slawe di samping menghasilkan manggis juga menghasilkan Durian yang berkualitas export.

0 Response to "KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR"

Post a Comment