PANTAI PRIGI KABUPATEN TRENGGALEK

 LETAK GEOGRAFIS
Pantai prigi terletak di desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek,sekitar 69 km arah selatan kota Trenggalek/ Tulungagung dengan luas pantai ±5 ha dan panjang ± 2 km.
. Disebelah barat pantai prigi terdapat pantai Damas dan sebelah timurnya terdapat Pantai karanggoso dan Pantai Pasir Putih yang terkenal dengan keindahannya. 


BUDAYA
Di Pantai Prigi ada sebuah upacara “larung Sembonyo”, Upacara Sembonyo dilakukan setiap bulan Selo, pada hari senin Kliwon setiap tahunnya. Upacara ini dimulai dengan kirab hasil bumi yang telah dihias sangat apik. Kirab dilangsungkan di sekitar kawasan pantai Prigi. Setelah arak-arakan kirab sampai di pantai hasil bumi yang telah dihias tadi kemudian dilarung (dihanyutkan) ke tengah laut. Dengan maksudnya agar para nelayan selalu mendapat perlindungan Tuhan, dan mendapatkan rezeki berlimpah selain itu, menurut cerita, bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara, yaitu seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.


PERIKANAN
Pantai Prigi merupakan pelabuhan nasional, karena tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa. Potensi laut selatan Jawa sangat melimpah. Biasanya ikan yang ditangkap oleh nelayan yaitu Ikan Tuna, tengiri,ikan sotong dll, tetapi juga ada tangkapan lainnya seperti kepiting dan udang.


PANORAMA KEINDAHAN
Pantai Prigi menyuguhkan pemandangan yang indah disekitar pantai sudah disiapkan  tempat duduk untuk bersantai selain itu disekitarnya ditumbuhi pohon kelapa, jika pengunjung haus atau lapar disekitar pantai banyak pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman.

0 Response to "PANTAI PRIGI KABUPATEN TRENGGALEK"

Post a Comment