ANEKA OLAHAN UDANG

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Dalam bahasa Banjar disebut hundang.


Berikut adalah olahan makanan dari udang :

UDANG GORENG

Bahan :
Udang besar    : ½ kg
Telur ayam       : 1-2 butir
Tepung terigu   : 5 sendok makan

Bumbu :
Merica/lada halus dan garam secukupnya.

Cara membuat :
Udang dikupas, dibelah punggungnya agar menjadi lebar. Bubuhi lada dan garam lalu diremas-remas. Biarkan kira-kira setengah jam agar bumbu meresap. Buatlah adonan dari telur dikocok dan terigu, tambahkan kira-kira 2 sendok makan air garam. Terakhir celupkan udang dalam adonan kemudian goreng sampai matang/berwarna kecoklatan.

SAMBAL UDANG

Bahan :
Telor ayam       : 5 butir
Udang basah    : ½ kg
Kelapa             : 1 buah

Bumbu :
Bawang merah           : 5 biji
Cabe merah               : 5 biji
Kemiri                       : 3 butir
Lengkuas                   : 1 potong
Ketumbar                  : 5 butir
Sereh                         : 1 potong
Daun jeruk purut        : 1 helai
Daun salam                 : 1 helai

Cara membuat :
2 butir telor dikocok. Kelapa diparut, bumbu yang sudah ditumbuk dicampur dengan 2 butir kuning telor yang sudah dikocok. Masukkan udang yang telah dicincang dan digarami. Masukkan cabe yang sudah diiris, daun salam, masukkan 3 butir telor yang sudah direbus dan di potong-potong. Lalu dibungkus dengan daun masaklah sampai matang, baru dihidangkan.

KERUPUK UDANG

Bahan :
Udang              : 1 kg
Garam              : 1 ons
Tepung terigu    : 1 kg
Telor ayam       : 2 butir
Gula putih         : 2 ons
Air tawar          : 2 mangkok

Cara membuat :
Udang dikupas, dibuang kulit dan kepalanya. Gula, garam, telor dan air dikocok jadi satu. Udang ditumbuk halus diberi terigu dan dicampurkan dengan adonan tadi, diaduk-aduk sampai rata, adonan ini bila kental lalu dapat dibentuk. Dibentuk seperti lontong. Sebelum dibentuk diberi pewarna makanan merah muda. Dandang atau lengser diberi air lalu direbus, bila sudah mendidih, adonan yang sudah dibentuk di masukkan sebelumnya sarangan dialas dengan daun pisang agar tidak melekat pada sarangan . Bila sudah masak, adonan diangkat dari dandang lalu didinginkan ditaruh dalam tampah selama 1 malam. Kemudian adonan tadi diris-iris dengan pisau yang diolesi minyak,agar adonan tidak melekat saat diris. Lalu dijemur diatas tampah yang dialasi merang selama 3-4 hari sampai kering. Bila sudah kering bisa langsung digoreng kemudian dihidangkan.

OSENG-OSENG UDANG

Bahan :
Udang basah    : 1 ons
Pete                 : 2 lonjor
Tomat              : 1 ons
Cabe merah     : ½ ons
Cabe hijau       : ¼ ons

Bumbu :
Bawang merah            : 7 biji
Bawang putih              : 3 siung
Daun salam,laos, gula merah,garam dan kecap.

Cara membuat :
Udang dicuci sampai bersih, pete diranjang dan tomat dipotong-potong. Bawang merah dan bawang putih dirajang, digongso dengan minyak,daun salam, laos, gula merah, garam tomat, pete kemudian udang basah dimasukkan, masaklah setengah matang, baru tuangi kecap lalu masak sambil diaduk-aduk.

2 Responses to "ANEKA OLAHAN UDANG"