5 Tips Hidup Sehat

1.Makanlah makanan yang bergizi.
Makanan bergizi itu mencakup 4 sehat 5 sempurna,yaitu nasi,sayur,buah, lauk pauk dan susu. Gizi yang terkandung dalam makanan tersebut sangat banyak termasuk vitamin dan mineral. Adapun makanan yang mengandung vitamin dan mineral yaitu :

1.       Vitamin A banyak terdapat pada wortel, tomat,telur,hati,ikandan sayuran hijau.Manfaat vitamin A  bagi kesehatan untuk menjaga kesehatan mata.
2.       Vitamin B terdapat pada kacang-kacangan, daging, telur,ikan, susu dan hati. Vitamin B berfungsi untuk pertumbuhan badan, pencernaan makanan.
3.       Vitamin C terdapat pada Jeruk,kiwi,jambu,brokoli dan sayuran hijau. Vitamin C berfungsi mencegah penyakit sariawan.
4.       Vitamin D terdapat pada Susu,ikan tuna dan salmon. Vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
5.       Vitamin E terdapat pada Gandum,kacang-kacangan,sayuran. Vitamin E berfungsi untuk pertumbuhan badan.
6.       Vitamin K terdapat pada brokoli,daging,sayuran, wortel,dan tomat. Vitamin K berguna untuk mempengaruhi pembekuan darah.
7.       Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Zat besi banyak terdapat pada hati,daging,tiram,kerang,kacang-kacangan,bayam,singkong dan susu.
8.       Fosfor dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang-tulang dan sel-sel  tubuh. Pada umumnya fosfor terdapat pada sayuran,susu,daging dan telur.
9.        Yodium dibutuhkan oleh kelenjar pinggang kita, yang tugasnya menjaga keseimbangan atau jumlah dari kebutuhan tubuh akan tenaga. Makanan yang mengandung yodium yaitu : kerang, kepiting,cumi-cumi,teripang dll.

2.Olahraga teratur
Biasakan olahraga setiap bangun tidur karena dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan membuat berbagai organ tubuh kita menjadi sehat. Dengan olahraga teratur, dapat memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh.

3.  Tidur siang
Hasil penelitian menunjukkan tidur siang dengan waktu 15 sampai 20 menit sudah cukup untuk menunjang daya pikir dan kreativitas kita dan tidur siang selama 45 menit  dapat membantu menjaga tekanan darah pada level yang lebih rendah. Tidur siang juga baik untuk kulit karena membantu menurunkan hormon stres, dengan menurunnya tingkat stres, pikiran menjadi lebih tenang, sigap dan otomatis mengurangi risiko penuaan dini.

4. Minum air putih
Menurut sebuah penelitian,minum air putih secara rutin dipercaya dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung. Selain,itu Dengan minum air putih setiap pagi akan membantu kerja ginjal dalam proses menawarkan racun dalam tubuh. 

5. Membaca buku
Membaca dapat membantu otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna  karena pada saat membaca, otak dituntut untuk berpikir lebih sehingga membuat orang semakin cerdas.

2 Responses to "5 Tips Hidup Sehat"