DESA DUKUH KECAMATAN WATULIMO

 

LETAK GEOGRAFIS
Desa Dukuh terletak di kecamatan Watulimo , Kabupaten Trenggalek. Desa Dukuh terletak di ketinggian antara 20-500 m dpl, yang berbatasan dengan desa Gemaharjo, desa Slawe, desa Sawahan dan desa Karangrejo kecamatan Kampak.


PENDUDUK
Penduduk desa ini  diperkirakan 3000 orang lebih, sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani, selain petani banyak yang  bekerja sebagai PNS,TKI,pedagang dll.


PERTANIAN DAN PERKEBUNAN
Hampir penduduk desa dukuh memiliki perkebunan, tanaman yang ditanam yaitu buah salak, manggis dan durian. Biasanya buah tersebut dijual dipasar terdekat tetapi ada juga pedagang  yang memesan langsung untuk dijual di daerah sekitar kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung. Buah yang kerap dijual adalah buah salak karena buah ini sering berbuah/ tidak mengenal musim, beda dengan buah manggis dan durian yang hanya berbuah pada bulan tertentu saja. Buah salak yang banyak ditanam adalah salak pondoh yang memilik rasa manis, tetapi ada juga salak bali, salak gula pasir dan salak lokal. Untuk durian, desa dukuh memiliki durian yang terkenal yaitu durian Kunir dan durian Ripto. Dalam perlombaan durian yang digelar di Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPPTP) Malang, beberapa waktu lalu. Durian kunir menyabet juara II kalah dari blitar, durian kunir menang pada warna daging dan rasa sedangkan durian ripto juga menyabet juara II dalam Festival Durian Se-Jawa Timur 2010, yang diselenggarakan di BPTP Jatim pada tanggal 1 Maret 2010 kerjasama Diperta Provinsi Jawa Timur, BPTP Jatim dan Universitas Brawijaya.


KONDISI ALAM
Kondisi alam didesa ini sejuk,karena disekitarnya masih ditumbuhi pohon. Tetapi pada waktu malam hari dan pagi hari cuacanya dingin.


SEKOLAH

Di desa ini terdapat  4 sekolah yaitu SDN 1 DUKUH, SDN 2 DUKUH,MI DUKUH dan MIM DUKUH.

0 Response to "DESA DUKUH KECAMATAN WATULIMO"

Post a Comment